Home / Nasional / Optimalisasi IT Masih Perludu Kungan APBD?

Optimalisasi IT Masih Perludu Kungan APBD?

Optimalisasi IT masih perlu dukungan APBD

Selain Kota Bogor, Pemerintah Daerah yang sudah mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi tanpa melihat levelnya, sudah lebih dari sekitar 20. Hal itu terjadi karena di wilayah perkotaan, pengelolaan kontenisyu-nya lebih mudah dilakukan. Demikian yang disampaikan  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pada jumpa pers di Balaikota Bogor.

Rudiantara mencontohkan Kota Bogor yang sudah memiliki Bogor Green Room, sebagai pusat penanganan isyu kota berbasis teknologi informasi. Isyu utama yang diangkat adalah penanganan transportasi. Hal tersebut sesuai dengan mindset orang, bahwa masalah Kota Bogor adalah kemacetan lalu lintas. “Tetapi tidak hanya isyu transportasi, karena green room juga  dimanfaatkan untuk memantau hal-hal lain, seperti misalnya kondisi rumah sakit ketika jumlah dokter jauh lebih sedikit disbanding pasien,” ujar Rudi.

Ditambahkan Rudiantara, optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung wujud smart city, modelnya macam-macam. Termasuk yang dikelola pemerintah daerah. “Yang bagus sebetulnya yang didukung pendanaan dan lain sebagainya,” jelasnya. “Karena itu kalau perlu saya juga akan membantu presentasikan ke DPRD agar program ini didanai APBD untuk beberapa tahun kedepan,” imbuhnya.

(Febriana)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply