Home / Nasional / Perangkat di Bogor Green Room Perlu Dikembangkan Untuk Meningkatkan Koneksi Kebijakan dan Perubahan

Perangkat di Bogor Green Room Perlu Dikembangkan Untuk Meningkatkan Koneksi Kebijakan dan Perubahan

Perangkat di Bogor Green Room perlu dikembangkan untuk meningkatkan koneksi kebijakan dan perubahan

Seusai membuka resmi Workshop Seri ke-3 Smart City di Ruang Rapat III Balaikota, Selasa (16/6), Walikota Bogor, Bima Arya mengenalkan Bogor Green Room kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Bima mengatakan, Pemerintah Kota Bogor bercita-cita ingin menjadikan Bogor sebagai green city dan green transportation. “Perangkat yang ada di Bogor Green Room inilah yang akan membawa kesana,” ujar Bima. “Memang ini belum maksimal dan kami berharap betul kalau Menkom infonya orang Bogor, command center ini menjadi yang terdepan di Indonesia,” lanjutnya.
Menurutnya, tidak ada artinya perangka tcanggih tersebut dibangun kalau kemudian tidak ada koneksinya dengan kebijakan dan perubahan. Untuk itu Pemerintah Kota Bogor akan terus menyempurnakan perangkat yang ada di Green Room.

Saat ini Bogor Green Room tengah dikembangkan antara lain dengan disaster management yang akan menampilkan ketinggian air di Bendungan Katulampa, indentitas pohon-pohon dan smart energy untuk mendeteksi PJU yang mati, serta Smart Tourism, Smart School dan Smart Health.

Green Room memang diharapkan bias membantu Pemerintah Kota Bogor dalam mengurai persoalan yang menahun dan kronis di Bogor seperti antara lain kemacetan. Hal itu dilakukan dengan pemasangan beberapa perangkat seperti Vehicle tracking via GPS, layanan pemantauan lalu lintas melalui CCTV, pengintegrasian system dengan semua dinas dan pengaduan masyarakat, serta pembangunan system sosial media twitter yang wajib dimiliki setiap SKPD, “tekhnologi untuk efisiensi, tranparansi, dan untuk mendorong partisipasi dari publik” lanjut Bima.

(Febriana)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply