Home / Nasional / PN Cibinong Jadi Percontohan Peradilan Anak

PN Cibinong Jadi Percontohan Peradilan Anak

capture-20150619-135605

Menteri Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan Pengadilan Negeri Cibinong, Kabupaten akan menjadi pilot project Peradilan Anak di Indonesia, hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan ke PN Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dikatakan Yohana berlakunya Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak atau SPPA berimplikasi kepada aspek penegakan hukum anak yang bersifat ramah dan tidak menakutkan, bahkan aturan ini mengatur anak-anak yang bermasalah secara hukum tidak harus berakhir di penjara.

Pemerintah kini membangun sistem peradilan anak yang ramah diseluruh pengadilan di wilayah Indonesia dan satu-satunya Pengadilan Negeri yang kini memiliki ruang sidang dan sistem peradilan anak yang ramah sesuai UU Nomor II Tahun 2012 adalah Pengadilan Negeri Cibinong.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Diah Sulastri Dewi mengatakan, alasannya PN Cibinong ditunjuk menjadi pilot project karena secara sarana dan prasarana sudah cukup memadai.

(Fadil)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply