Home / Hukum / Presiden Jokowi Telah Tepat Calonkan Sutiyoso Sebagai Pimpinan BIN

Presiden Jokowi Telah Tepat Calonkan Sutiyoso Sebagai Pimpinan BIN

Sutiyoso1 (1)

Jakarta – Hendra Ferdiansyah, Ketua Umum Persaudaraan Muda Indonesia menilai dengan ditunjuknya Letjend TNI (Purn) Sutiyoso sebagai calon kepala Badan Intelejen Negar (BIN) oleh Presiden Joko Widodo merupakan sebuah langkah tepat dan cerdas.

Pasalnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memiliki segudang pengalaman dan mampu menjawab tantangan dunia intelijen yang semakin dinamis.

“Presiden Jokowi sudah tepat mencalonkan Pak Sutiyoso sebagai kepala BIN, Karena beliau memiliki pengalaman yang mumpu untuk membawa intelijen Indonesia semakin kuat menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia” ujarnya saat diskusi publik “Ekspektasi Kaum Muda Kepada Sutiyoso sebagai Calon Kepala BIN” di Hotel Alia Cikini Jakarta.

Hendra melihat Sutiyoso sebagai sosok yang cerdas untuk memimpin BIN, ditambah dengan gaya kepemimpinannya yang tegas dan luwes dalam berkomunikasi dengan berbagai kelompok lampisan masyarakat.

Sementara itu, penulis buku “Kepemimpinan Sutiyoso di Mata Publik “ Firman Yusak menjelaskan tantangan kedepan kepala BIN nantinya harus dapat membenahi sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas teknologi, menurutnya Sutiyoso merupakan sosok yang tepat.

Pengalaman 30 tahun Sutiyoso di dunia militer dan 10 tahun di pemerintahan, menurutnya sudah cukup untuk membawa BIN mampu menjaga keutuhan NKRI, bukan alat pelindung kekuasaan semata yang di khawatirkan segelintir kelompok.

Ketua Badan Koordinasi HMI Jabodetabek, Zulkarnain Bagariang menuntutkan bahwa pengalaman Sutiyoso sebagi ketua umum partai akan dapat memahami konstalasi konflik ketika ada hajatan politik, terlebih dalam menghadapi pilkasa serentak.

Kemampuan sutiyoso juga dinilai mampu menangkal masuknya pahal radikal dan gerakan ekstrimis ke Indonesia, ujar Ketua Umum BEM Magister Perbandingan Agama UIN,Wasil.

Beliau mengatakan adanya modal jiwa “detektif” dalam diri sutiyoso akan mampu membongkar masalah yang merugikan dan mengancam kesatuan negara.

“Indonesia sebagai Penduduk Islam terbesar, menjadi tantangan besar kepala BIN untuk mampu menangkal masuknya paham radikal dan modal jiwa kedetektifan Sutiyoso dapat menjawab itu” ungkapnya.

(Eva)

About admin

Check Also

Fadli Zon: KPK Harus Diperkuat!

Pimpinan DPR akan menggelar rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas revisi UU KPK …

Leave a Reply