Home / Hukum / PSSI Curiga Turnamen Tim Transisi Pakai Dana APBN

PSSI Curiga Turnamen Tim Transisi Pakai Dana APBN

capture-20150627-094536

Dalam undangan Turnamen yang diprakarsai Tim Transisi, pertangan Juli mendatang, Tommy membaca poin, semua biaya operasional perhelatan dibebankan pada Tim Transisi. Butir tersebut menjadi pertanyaan pria berkacamata itu.

“Ada iming-iming biaya transportasi, penginapan, dan match fee. Ini sebuah kemunduran kalau memakai anggaran negara untuk olahraga profesional,” ujar Tommy.

Jauh sebelum Tim Transisi terbentuk, klub-klub sepakbola “diharamkan” menggunakan dana APBN. Selain kecurigaan penggunaan dana pemerintah dalam kompetisi tersebut, Towel, sapaannya menilai Turnamen itu terkesan mengancam klub.

Bila tidak mengikuti, Tommy mengungkapkan, klub tersebut bakal dikenai sanksi sesuai perundang-undangan negara yang berlaku.”Kami agak terperangah dengan poin ini,” kata Tommy, heran.

Dari undangan yang diterima klub, Piala Kemerdekaan dihelat mulai 24 Juli hingga 15 Agustus. Dalam waktu tiga pekan, sebuah kompetisi pasti sulit untuk dilakukan. Lalu, klub-klub juga diminta mematuhi FIFA Laws of the Games. “Ini kontradiktif.”

Sejak 2011 klub-klub profesional sudah tak memakai dana APBD. Bila dana sebuah turnamen didapat dari sumbangan pihak luar, Direktur Legal PSSI Aristo Pangaribuan menambahkan, turnamen tersebut beraroma gratifikasi.

Sebab, turnamen dimiliki pemerintah. Apalagi memakai kas anggaran lain yang dipindahkan sewaktu-waktu untuk kompetisi ini. “Itu kan sudah tercatat di RAPBN,” kata Aristo.

(Fandy)

About admin

Check Also

Guardiola Dilaporkan Akan Pindah ke Inggris Setelah Kontraknya dengan Bayern Habis

Pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola, mengakui dirinya “tidak bisa diganggu” untuk menjawab pertanyaan tentang spekulasi …

Leave a Reply