Home / Hukum / Kominfo Segera Terapkan Eksotik

Kominfo Segera Terapkan Eksotik

kominfo

Walikota Bogor Bima Arya kunjungi Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor, Selasa (30/6) untuk memonitoring realisasi kegiatan, mengecek progres implementasi smart city dan persiapan Peraturan Daerah (Perda), Bima diterima Kepala Kantor Kominfo Kota Bogor Asep Zaenal Rahmat yang didampingi segenap Kabid dan Kasubid.

“Data yang diterima di awal, realisasi anggaran sampai saat ini di Kota Bogor baru mencapai 12%. Harus dikaji apa yang menjadi penyebab hal ini, apakah kegiatan gagal, lelang tidak berjalan atau dikarenakan hal lain,” ujarnya. Monitoring ini lanjutnya dilakukan agar segera dilakukan percepatan realisasi kegiatan sehingga tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun.

Bima juga meminta Kominfo agar memaksimalkan koneksivitas cctv yang terpasang di berbagai lokasi, khususnya di sekitar Stasiun Bogor, agar bisa langsung dapat dipantau di Bogor Green Room (BGR).

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa saat ini pihak Kominfo Kota Bogor sedang dalam tahap mengembangkan Eksotik. Eksotik adalah dashboard pemerintah yang berisi indicator ekonomi, social dan politik dengan penyediaan data informasi secara real time dan valid. Lewat media visualisasi data ini pimpinan daerah bisa mengambil kebijakan, misalnya terkait harga bahan pokok di pasaran. Terakhir juga dibahas mengenai rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Jaringan Telekomunikasi. Perda ini nantinya berperan untuk merapikan jaringan di wilayah Kota Bogor.

“Saat ini sudah tahap penetapan hasil lelang, sehingga tahun ini sudah bisa ada,” ungkap Achmad Sandy., Kasi Aplikasi pada Kantor Kominfo Bogor. Dashboard ini selain mendukung proses pengambilan kebijakan pemerintah daerah, juga antara lain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, transparansi informasi, dan menciptakan masyarakat berbasis informasi yang berkualitas.

(Febriana)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply