Home / Hukum / Jokowi Minta Harga Listrik dari Energi Baru Terbarukan Dinaikkan

Jokowi Minta Harga Listrik dari Energi Baru Terbarukan Dinaikkan

jokowi-dihina_20150629_211314

Presiden RI Joko Widodo meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk bisa menaikkan harga jual (rate) listrik dari pembangkit listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia tidak pernah terfokus. Padahal, untuk panas bumi saja potensi yang bisa dikembangkan mencapai 28.000 megawatt (MW). Belum lagi potensi sumber energi lain seperti angin, air, matahari, dan biomassa.

Oleh karena itu, Jokowi pun meminta kepada jajaran menteri yang berwenang di sektor energi untuk memberikan prioritas pengembangan energi baru. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan insentif, agar pengembangan energi baru terbarukan makin menarik di mata investor.

Corporate Secretary PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tafip Azimudin ditemui di lokasi peresmian menuturkan, saat ini harga jual listrik dari Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi (PLTP) sebesar 9,6 sen dollar AS per kilowatthour (KWh). Sementara itu, harga listrik dari pembangkit listrik batubara sebesar 8,2 sen dollar AS per KWh.

Menurut Jokowi, ini akan berdampak baik pada proyek kelistrikan 35.000 megawatt yang saat ini hampir 90 persennya mengandalkan batubara.

(Sumber : Kompas)

About admin

Check Also

Fadli Zon: KPK Harus Diperkuat!

Pimpinan DPR akan menggelar rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas revisi UU KPK …

Leave a Reply