Home / Internasional / Meksiko dan Amerika Serikat Sukses Melaju ke Semifinal Piala Emas CONCACAF 2015

Meksiko dan Amerika Serikat Sukses Melaju ke Semifinal Piala Emas CONCACAF 2015

sq12jMzutT

Meksiko dan Amerika Serikat sukses melaju ke semifinal Piala Emas CONCACAF 2015 bukan saja disambut para pendung kedua kesebelasan, melainkan juga para penggemar sepak bola. Hal itu disebabkan melajunya dua penguasa CONCACAF itu ke babak empat besar membuat potensi untuk final ideal di turnamen dua tahunan itu semakin besar.

Meksiko menjadi tim terakhir yang lolos ke babak empat besar. El Tri sukses menyabet tiket ke semifinal setelah mengalahkan Kosta Rika 1-0 di Metlife Stadium, kemarin. Sebelumnya, AS telah lebih dulu mengamankan tiket ke semifinal setelah menghantam Kuba 6-1 (Minggu, 19/7).

Terlepas dari kejadian kontroversial yang menyertai kemenangan Meksiko, keberhasilan mereka melaju ke semifinal memberikan warna tersendiri.

Meksiko memang harus berjuang keras untuk bisa menang atas Kosta Rika.

Gol tunggal kemenangan Meksiko dicetak oleh Andres Guardado pada menit ke-120, atau beberapa saat menjelang perpanjangan waktu berakhir, lewat tendangan penalti.

Ironisnya, penalti itu diberikan wasit asal Guatemala, Walter Lopez, meski striker Meksiko, Oribe Peralta, jelas-jelas melakukan diving.

“Sebenarnya perhatian utama kami terlatak di awal mulainya pertandingan, untuk menjadi efektif di depan. Sayangnya, kami tidak bisa seefektif yang kami inginkan,” ujar pelatih Meksiko, Miguel Herrera.

“Saya tetap bahagia dengan usaha para pemain. Kami merupakan yang terhebat dan berhasil membuat langkah yang penting,” ujarnya.

Sebaliknya, pelatih Kosta Rika, Paulo Wanchope, mengaku tidak merasa timnya dalam bahaya akibat kekalahan tersebut.

“Saya tidak merasa bahwa tim telah dieliminasi. Para pemain harus merasa bangga dengan bagaimana mereka bermain,” ujar Wanchope.

Adu penalti

Di semifinal, Meksiko akan ditantang oleh tetangganya di Amerika Tengah, Panama. Finalis dua tahun lalu itu melangkah ke semifinal setelah menang 6-5 melalui adu penalti atas Trinidad dan Tobago.

Penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit. Panama unggul lebih dulu lewat gol Luis Tejada pada menit ke-37′.

Namun, Kenwyne Jones memaksa pertandingan berakhir imbang berkat golnya (54′).

Panama yang unggul dari segi materi pemain sejatinya memiliki peluang mencetak gol di babak pertama, saat sang kapten Roman Torres mencoba peruntungannya.

Tim Soca Warriors pun punya kesempatan mencetak skor melalui Marvin Phillip seusai mengelamatkan tendangan Alberto Quintero di babak ketujuh, tapi Daneil Cyrus berhasil menggagalkan usahanya.

Usaha tim yang diarsiteki Hernan Dario Gomez tersebut baru membuahkan hasil menjelang delapan menit sebelum babak awal berakhir, ketika Luis Tejada berhasil membobol gawang Johnny Placide dan membuat Panama unggul 1-0.

Sayangnya, harapan Panama untuk menang harus pupus lantaran Trinidad & Tobago berhasil menyamakan kedudukan melalui Kenwyne Jones yang berhasil mengunci bola dari tendangan bebas Khaleem Hyland dan mengarahkannya langsung ke gawang Jaime Penedo (54′). Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir sehingga laga harus diakhiri dengan adu penalti.

“Saya tidak terkejut melihat permainan Trinidad & Tobago. Mereka telah banyak berkembang. Seperti Haiti, kami pernah menghadapi mereka sebelumnya. Saya mengakui tim tersebut sangat cepat dan terorganisasi,” tukas Gomez.

(Sumber : Media Indonesia)

About admin

Check Also

Presiden Palestina Pertama Kali Berpidato di Dewan HAM PBB

Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk kali pertama berpidato di Dewan Hak Asasi Manusia PBB di …

Leave a Reply