Home / Hukum / Ekonomi / Penjualan Pertalite Mengalami Kenaikan Lebih Dari 60 %

Penjualan Pertalite Mengalami Kenaikan Lebih Dari 60 %

pertamina-siap-jual-bensin-baru-pertalite_20150722_191644

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan bahwa konsumen menyambut baik produk bahan bakar Pertalite, yang baru diluncurkan pekan ini. Dalam dua hari, rata-rata penjualan bahan bakar beroktan 90 itu mengalami kenaikan lebih dari 60 persen.

Wianda mengatakan, pada hari kedua atau Sabtu (25/7/2015), penjualan Pertalite di 30 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Surabaya dan sekitarnya mencapai 82.860 liter atau rata-rata 2.732 liter per SPBU. Jumlah itu meningkat 69,2 persen dibandingkan penjualan hari pertama atau Jumat (24/7).

Khusus di Sidoarjo dan Mojokerto, Jawa Timur, penjualan Pertalite di 11 SPBU pada Sabtu kemarin tercatat sebanyak 26.523 liter atau naik hingga 169 persen dibandingkan hari pertama sebanyak 9.859 liter.

“Di satu SPBU di daerah tersebut, angka penjualannya Sabtu kemarin mencapai 4.781 liter. Ini tentu kami syukuri karena menunjukkan konsumen kita memberikan apresiasi yang baik terhadap produk baru Pertamina. Adapun Pertamax relatif stabil,” kata Wianda dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (26/7/2015).

Pertalite sesuai digunakan kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multipurpose vehicle (MPV) ukuran menengah.

Adapun di Jawa bagian barat, Wianda mengatakan bahwa penjualan Pertalite menunjukkan tren yang sama, yakni terjadi peningkatan konsumsi sebesar 88,9 persen dibandingkan dengan penjualan hari pertama. Pada Jumat, penjualan di 66 SPBU di Jawa bagian barat mencapai 186.610 liter atau rata-rata 2.827 liter per SPBU. Di beberapa SPBU, penjualannya bahkan tembus di atas 5.000 liter per hari. Melihat catatan itu, Wianda yakin bahwa uji pasar Pertalite akan berhasil.

Pertalite merupakan upaya Pertamina memberikan pilihan bahan bakar kendaraan kepada konsumen yang menginginkan produk dengan kualitas di atas Premium dengan harga terjangkau atau di bawah Pertamax. Dengan angka oktan 90, Pertalite diklaim dapat membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik dibandingkan Premium yang memiliki RON 88.

Pertamina mulai melakukan uji pasar Pertalite sejak Jumat lalu. Penjualannnya dilakukan di 101 SPBU di tiga kota, antara lain 68 SPBU di Jakarta dan Bandung serta 33 SPBU di Surabaya. Uji pasar dilakukan setelah produk tersebut melalui berbagai tahapan pengujian secara teknis dan perizinan dari pemerintah.

(Sumber : Antara)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply