Home / Hukum / Kesehatan / Apa Yang Menyebabkan Suara Sering Serak?

Apa Yang Menyebabkan Suara Sering Serak?

sakit-tenggorokan-tuntaskan-dengan-strepsils

Laringitis, penyebab paling umum suara serak atau kehilangan suara, terjadi ketika kotak suara teriritasi atau adanya peradangan. Sehingga, menyebabkan pembengkakan yang membuat pita suara terganggu untuk membuka dan menutup dengan lancar. Pergerakan pita suara inilah yang menciptakan suara. Infeksi virus, seperti batuk dan flu adalah penyebab umum, tpi bukan satu-satunya penyebab.

Regangan suara juga bisa menjadi penyebab laringitis, misalnya saja ketika Anda tak berhenti berteriak pada sebuah konser musik atau pertandingan olahraga bisa menyebabkan suara menghilang. Regangan suara ini akan menghilang atau sembuh sendiri dengan istirahat cukup dan mengonsumsi banyak cairan. Dengan catatan, Anda harus benar-benar mengistirahatkan suara Anda, terutama jika suara Anda hilang sepenuhnya. Bukan hanya dapat membantu penyembuhan lebih cepat, tapi memaksakan diri untuk bersuara dapat merusak pita suara dan menyebabkan pembentukan polip atau nodul yang mungkin memerlukan operasi.

Jika suara serak berlanjut hingga beberapa minggu atau terus datang kembali, mungkin ada sesuatu yang lain terjadi. Salah satu kemungkinannya adalah adanya refluks asam lambung. Ketika asam lambung naik ke esophagus, dapat menyebabkan iritasi pada pita suara. Jenis refluks yang paling sering ada hubungannya dengan masalah suara disebut penyakit refluks laryngopharyngeal. Dokter biasanya akan meresepkan antacid atau beberapa jenis obat lain, seperti steroid yang dapat membantu kondisi suara kembali membaik.

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply