Home / Nasional / TIGA BULAN KEMARAU, KADES TARIKOLOT HIMBAU PERUSAHAN – PERUSAHAN

TIGA BULAN KEMARAU, KADES TARIKOLOT HIMBAU PERUSAHAN – PERUSAHAN

capture-20150731-145810

IAPNews – Musim kemarau tahun ini membuat masyarakat Desa Tarikolot Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor mengalami krisis air bersih. Sungai kali Cijere sudah tidak bisa digunakan karena terkena pencemaran limbah dari pabrik-pabrik.

Setiap sore bahkan sampai malam hari warga Kp. Babakan beramai-ramai memanfaatkan sumber mata air Cirahong yang masih mengeluarkan air walau sangat kecil untuk kebutuhan mencuci pakaian, mandi, cuci dan kakus (MCK).

H. Maspuloh (Kades Tarikolot) Kekeringan ini harus segera ditangani, dan saya akan meminta kerjasama dari perusahan – perusahan yang berda di desa Tarikolot agar bisa memberikan bantuan air bersih.

“Hari ini juga saya akan kirim surat ke perusahaan – perusahaan khususnya yang berada di Desa Tarikolot agar bisa membantu meringankan kesulitan warga, caranya perusahaan-perusahaan yang berada tepat dengan pemukiman warga untuk mengeluarkan air bersih dari kran agar bisa membantu. ” ungkap H. Maspuloh Kades Tarikolot kepada Tim IAPNews, Jumat (31/07/2015).

Hal senada diungkapkan Mul (35) warga Kp. Babakan Menurutnya, dampak kekeringan tahun ini cukup terasa, banyak warga yang rela mengantri untuk memperoleh air minum ke sumber mata air di wilayahnya.

” Dulu mata air banyak, sekarang sudah sulit karena banyak perusahaan di wilayahnya yang memanfaatkan mata air untuk kepentingan komersial, dan dulu untuk minum maupun mandi kita masih bisa gunakan air kali Cijere. Tapi sekarang sudah tidak bisa, karena aliran kali Cijere sudah tercemar limbah dari pabrik-pabrik yang tidak bertanggung jawab, jangankan untuk minum pake mandi aja gatal-gatal, ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Desa Tarikolot Riyan Hidayat, keluhan kekurangan air bersih akibat kekeringan terjadi hampir diseluruh wilayah Kabupaten Bogor, kita akan mencoba menerapkan sistem seperti PDAM ( Bank Air ) di tingkat RW, seperti yang sudah di jalankan di RW 01 Kp. Tarikolot Desa Tarikolot.

(Rudy)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply