Home / Hukum / Kesehatan / Vitamin C Dapat Turunkan Tekanan Darah

Vitamin C Dapat Turunkan Tekanan Darah

vitamincinskincare

Pasien jantung dengan tekanan darah tinggi dapat memperoleh manfaat penting dari vitamin C. Satu dosis vitamin C seberat 500 miligram per hari, menurut peneliti dari Boston University School of Medicine dan Linus Pauling Institute di Oregon State University, dapat menurunkan tekanan darah.

Sebagaimana dikutip British Medical Jurnal, dalam dosis khusus itu, vitamin C dapat menurunkan tekanan darah hingga sembilan persen. Suatu tingkat yang sebanding dengan obat resep yang mahal.

“Ini dapat menjadi cara untuk memulihkan tekanan darah ke tingkat aman, tanpa biaya tinggi dan kemungkinan efek samping obat-obatan,” ujar Balz Frei, direktur Linus Pauling Institute yang memimpin riset.

Meski begitu Frei juga mengingatkan bahwa vitamin C bukanlah pengganti obat penurun tekanan darah. “Ini bukan pengobatan alternatif. Kami tetap ingin pasien meneruskan pengobatan hipertensi melalui dokter,” katanya.

Menurut Frei, vitamin C dapat memperbaiki synthesizes nitric oxid tubuh, yaitu suatu kandungan yang penting untuk membuat saluran darah menjadi rileks. Hasil penelitian ini dianggap sebagai petunjuk tambahan, yang memperlihatkan bahwa vitamin C memainkan peran penting untuk memelihara kesehatan.

Dalam penelitiannya, periset membagi 39 pasein hipertensi dalam dua kelompok. Satu kelompok setiap hari diberi 500 miligram vitamin C, sedang kelompok lain diberi placebo. Setelah sebulan, rata-rata tekanan darah kelompok yang memperoleh vitamin C, turun hingga 9,1 persen. Sedang kelompok yang memperoleh placebo cuma turun 2,7 persen.

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply