Home / Hukum / Kesehatan / Buah Apa Saja Yang Menyebabkan Perut Kembung?

Buah Apa Saja Yang Menyebabkan Perut Kembung?

Buah Pir

Saat kita mengonsumsi buah-buahan, tentu kita menganggap pilihan tersebut lebih sehat dibandingkan dengan sebungkus keripik atau sekaleng soda. Tetapi, setelah mengasup buah tertentu terkadang timbul rasa tidak nyaman atau kembung di perut.

Memang buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun kandungan buah dalam gula, terutama fruktosa dan sorbitol terkadang bisa menyebabkan gas dan perut kembung. Buah-buahan juga kaya serat, hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya gas.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang dapat memicu kembung dan bagaimana menyiasatinya.

Apel
Buah ini mengandung antioksidan. Bahkan, apel hijau memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding buah berri. Apel juga kaya fruktosa, gula buah, yang pada sebagian orang lebih sulit dicerna.

Ketika sistem pencernaan mulai memecah gula tersebut, perut akan terasa lebih bergas. Jika Anda kerap merasakannya, siasati dengan cara memakan apel sedikit-sedikit dan kunyah perlahan. Apel yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit berarti jumlah fruktosa yang diasup juga berkurang.

Pir
Sebagai bagian dari pola makan sehat, buah pir memiliki kelebihan berupa kandungan pektin, jenis serat larut yang membantu menurunkan Kolesterol dan membuat kita lebih kenyang. Namun pir juga mengandung sorbitol dalam jumlah kecil. Sorbitol ini adalah gula alkohol yang terbentuk alami dan sering ditambahkan dalam permen karet.

Sejumlah kecil sorbitol akan membantu usus bergerak, tapi pada sebagian orang dapat membuat perut kembung. Karena sorbitol dicerna lebih lambat ke usus kecil dibandingkan jenis gula lainnya, sorbitol juga bisa masuk ke kolon dan difermentasikan lalu menyebabkan kembung. Salah satu cara untuk mengurangi efek ini adalah berolahraga agar gas bisa dikeluarkan.

Buah ceri, anggur, mangga, dan nanas
Buah-buahan ini juga mengandung gula yang terkadang tidak bisa diserap dengan sempurna di usus kecil sehingga terjebak di usus besar dan menyebabkan perut kembung.

Siasati dengan cara mengonsumsi satu sajian jenis buah ini dan membatasi asupan karbohidrat dan gula sepanjang hari.

Kismis dan buah kering
Buah yang dikeringkan memang bisa membuat buang air besar lebih lancar, tapi juga bisa membuat kembung. Ini karena bakteri di usus kita menyukainya lalu memfermentasinya tapi tidak bisa dicerna dan malah memproduksi gas.

(WomensHealth)

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply