Home / Nasional / Perpu Pilkada Siap Ditekan Presiden

Perpu Pilkada Siap Ditekan Presiden

yasona-laoly

Tarik ulur peraturan penganti undang-undang (Perpu) sebagai jalan keluar persoalan calon tunggal di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Desember 2015 mendatang, akan segera menemui titik terang. Hal ini terungkap setelah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menyampaikan bahwa rancangan perpu pilkada tersebut telah rampung dirumuskan.

Namun demikian, Yasonna tak mau berkomentar banyak mengenai isi dari rancangan perpu yang telah dibuat oleh kementriannya tersebut. “Draft (perpu) pilkada sudah selesai disusun dan sudah kita siapkan,” kata Yasonna saat ditanya wartawan di kantornya kemarin, Senin (10/8).

Lebih lanjut, ia pun enggan berspekulasi apakah Jokowi akan menyetujui atau tidak terhadap draft yang diajukannya itu. “Nanti juga tahu sendiri, kita lihat saja nanti. Yang jelas, draft perpu tersebut tengah dikaji oleh Presiden Jokowi dan akan ada keputusan dari presiden dalam waktu satu minggu kedepan,” Ujarnya.

Sekedar mengingatkan, adu opini mengenai perpu pilkada ini bermula dari temuan bahwa di sejumlah daerah proses pilkada yang berlangsung hanya diikuti oleh satu pasangan calon saja. Akibatnya, tanpa perpu dari presiden, pilkada pada sejumlah daerah tersebut terancam batal dan kemungkinan pemilihan akan diundur ke pilkada serentak tahun 2017.

(MIT)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply