Home / Hukum / Kesehatan / 5 Manfaat Air Liur yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Air Liur yang Jarang Diketahui

Air Liur

Air liur atau yang sering kita sebut dengan ludah adalah cairan yang berada pada rongga mulut. Cairan ini kadang dianggap menjijikkan namun dari hasil penelitian diketahui bahwa kandungan pada air liur ini adalah Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim.

Kandungan tersebut sangat berpengaruh dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jelas manfaat air liur, simak ulasan berikut:

1. Melindungi lambung
Manfaat air liur yang pertama yakni dipercaya mampu melindungi lambung. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam air liur juga mampu menjadi pelindung lapisan perut dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan.

2. Membantu proses pencernaan
Manfaat selanjutnya dari ludah ini adalah mampu memperlancar pencernaan. Air liur bisa mendorong makanan yang masuk dari mulut ke tenggorokkan, hingga akhirnya ke lambung. Beberapa makanan seperti asam mampu menstimulasi produksi air liur, yang membantu proses awal masuknya makanan ke alat pencernaan.

3. Untuk menghilangkan jerawat
Air liur tenyata sangat efektif digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan menjadikan air liur sebagai masker. Meski terkesan jorok, cara ini banyak dilakukan pada masyarakat zaman dulu dan terbukti ampuh.

4. Mampu menyembuhkan luka
Manfaat air liur yang keempat adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Dalam sebuah jurnal yang berjudul The journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi, diterangkan bahwa di dalam kandungan air liur terdapat zat yang mampu membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin. zat itulah protein yang dihasilkan oleh air liur dan dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka.

5. Mencegah kerusakan pada gigi
Manfaat air liur yang terakhir adalah mampu mencegah kerusakan gigi dimana salah salu kandungan air ludah adalah polin. Zat polin merupakan protein yang berfungsi melindungi enamel gigi. Bukan hanya itu kandungan mineral air liur juga dapat membantu proses remineralisasi gigi.

(Fandy)

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply