Home / Hukum / Kesehatan / Ini Bahaya Makan Durian

Ini Bahaya Makan Durian

Durian

Durian menjadi salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis membuat buah dengan kulit berduri ini selalu laris diminati banyak orang.

Namun tidak sedikit pula yang benci dengan durian. Mereka kebanyakan tidak suka dengan aromanya yang sangat menyengat. Namun di balik itu, durian tetap nikmat disantap apalagi dimakan bersama keluarga.Tapi jangan berlebihan jika makan durian.

Sebab Anda bisa terkena dampak negatif jika mengonsumsi durian dengan porsi terlalu banyak.Berikut dampak negatif durian untuk kesehatan manusia:

1. Bahaya dan efek samping buah durian yang pertama adalah menyebabkan kolesterol tinggi. Bagi orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Memakan durian secara berlebihan bisa memancing kadar kolesterol naik. Jika ingin memakan durian, makanlah paling banyak satu buah saja. Jika kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi seperti asam urat tinggi. Dengan kolesterol dan asam urat tinggi bisa memancing terjadinya komplikasi. Komplikasi inilah yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.

2. Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau kencing manis tidak boleh memakan buah durian lebih dari dua buah. Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian bisa memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes semakin besar.

3. Janin yang ada di dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika wanita hamil memakan durian, efeknya di perut akan panas. Panas berlebih akan memicu kematian janin. Rasa panas tersebut akibat kandungan alkohol yang tinggi. Kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah nangka, buah nanas dan tape. Buat ibu hamil sebaiknya meminimalisir konsumsi semua buah tersebut.

4. Orang yang terkena hipertensi biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. Kandungan alkohol yang ada di dalam durian mampu menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah naik akan memicu detak jantung lebih cepat dan terserang penyakit jantung secara mendadak. Tensi darah seseorang yang sering berada di atas tekanan 200 akan membuat dirinya rentan terkena penyakit jantung. Jika tekanan darah dan jantung menyerang secara bersamaan, efek kematian bisa terjadi padanya.

5. Kandungan alkohol yang ada di dalam durian akan menimbulkan kematian jika bertemu dengan alkohol dalam minuman keras. Alkohol yang bertemu dengan alkohol akan menghasilkan sulfur atau belerang. Sulfur yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menurunkan metabolisme dan sistem imun seseorang, bahkan jika jumlah sulfur yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak akan menyebabkan kematian. Sulfur merupakan salah satu zat yang tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh manusia karena menyebabkan kematian.

6. Konsumsi durian tidak boleh dibarengi dengan minuman seperti kopi dan alkohol. Kopi merupakan minuman pemicu tekanan darah tinggi. Terlalu sering mencampur durian dan kopi akan membuat seseorang terkena penyakit komplikasi. Durian juga tidak boleh dicampurkan dengan soda sebab jika itu sering dilakukan akan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan. Masalah pencernaan dalam jangka panjang akan membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang. Usus dan lambung yang berlubang bisa mengakibatkan kematian.

7. Di dalam durian terdapat zat ethanol, methanol dan juga ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau belerang. Bahaya etanol dan metanol juga sudah sangat memprihatinkan bagi kesehatan. Untuk penderita ginjal, semua zat tersebut sangatlah tidak baik untuk ginjal dikarenakan ginjal yang sudah sakit tidak dapat menguraikan semua zat tersebut. Akibatnya kinerja ginjal terbebani dan kinerja ginjal menurun dari 40 persen menjadi 35 persen. Zat tersebut juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Jika ginjal sudah tidak banyak berfungsi diharuskan transplantasi ginjal. Jika tidak, transfusi darah yang dilakukan hanya untuk pemperpanjang usianya bukan menyembuhkannya.

(Fandy)

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply