Home / Hukum / Ekonomi / Harga Cabai Setan Naik Hingga 100 %

Harga Cabai Setan Naik Hingga 100 %

Susindra - Lombok setan

Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Semarang saat ini mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, kenaikan harga cabai galak atau cabai setan mencapai 100 persen dibanding harga yang berlaku saat Lebaran.

Berdasarkan pantauan di Pasar Bandarjo Ungaran, Sabtu (15/8/2015), harga cabai setan Rp 53.000, naik lebih dari 100 persen dari harga cabai saat lebaran lalu sebesar Rp 25.000.

Seorang pedagang sayur di Pasar Bandarjo, Rahma (60) mengaku, meski harga cabai naik, namun tidak diikuti kenaikan komoditas sayuran lainnya.

“Sayuran lain tetap normal. Seperti kentang masih sama saat Lebaran, sekitar Rp 10 ribu per kilogram, juga tomat, sekitar Rp 8.000 per kilogram,” jelasnya.

Rahma mengaku tidak mengetahui secara persis penyebab kenaikan harga cabai galak ini. Dirinya hanya menyesuaikan harga dari pemasok sayuran asal Magelang. Menurut Rahma, fluktuasi harga cabai memang kerap terjadi. Hanya saja, kenaikan harga saat ini diakui tergolong tinggi.

“Kalau di luar Lebaran, naik turunnya harga cabai sudah biasa. Tergantung ada barangnya atau tidak. Nah yang terjadi sekarang mungkin barangnya sulit sehingga mempengaruhi harga,” imbuhnya.

Menanggapi kenaikan harga cabai ini, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Semarang Urip Triyoga memprediksi kenaikan harga yang terjadi saat ini karena produksi cabai dari wilayah penghasil mulai turun. Kondisi ini berbeda pada saat Lebaran lalu, dimana ketersediaan cabai cukup melimpah lantaran pasokan dari wilayah lain juga cukup banyak.

“Saat ini untuk cabai beberapa tempat, hampir di semua daerah menurun area tanamnya. Belum lagi karena faktor kemarau. Sehingga kalau daerah pemasok tidak melakukan penanaman otomatis suplai juga akan berkurang. Mungkin ini yang membuat harganya naik,” kata Urip.

(Kompas)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply