Home / Hukum / Ekonomi / Rupiah Melemah Sentuh Level 13.932 Per Dollar AS

Rupiah Melemah Sentuh Level 13.932 Per Dollar AS

rupiah-turun-2-01062014

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan akhir pekan ini, Jumat (21/8/2015), masih tertekan. Rupiah kembali melemah hingga mendekati level psikologis 14.000.

Data Bloomberg pada pukul 08.45 WIB menunjukkan, mata uang Garuda anjlok ke posisi 13.932 per dollar AS, dibandingkan penutupan kemarin pada level 13.885.

Pada perdagangan hari ini, sentimen eksternal dan internal bakal memengaruhi posisi tukar rupiah. Penurunan indeks dollar AS berhadapan dengan pengaruh penurunan harga minyak di pasar global.

“Ruang pelemahan rupiah masih ada jika melihat harga minyak yang turun tajam semalam. Namun, pelemahan indeks dollar AS yang dipicu menurunnya harapan kenaikan suku bunga AS berpeluang mencegah pelemahan yang terlalu dalam,” demikian riset Samuel Sekuritas Indonesia pada pagi ini.

Indeks dollar AS turun bersamaan dengan penurunan imbal hasil obligasi AS serta indeks saham AS. Angka jobless claims yang naik berhasil menekan harapan kenaikan suku bunga AS yang beberapa hari lalu sempat naik menyusul rilis notulensi pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC).

Dari Eropa, pengunduran diri Perdana Menteri Yunani ternyata disambut baik jika melihat euro yang naik tajam hingga malam tadi. Adapun pagi ini, angka manufaktur Tiongkok yang diperkirakan stabil pun ditunggu. Angka manufaktur AS yang dirilis pada malam nanti juga diperkirakan stabil. Dollar AS masih kuat di Asia, walaupun penguatan indeks dollar AS sudah semakin terkoreksi.

Rupiah juga terbawa arus untuk melemah hingga Rp 13.885 per dollar AS pada sore kemarin. Harga komoditas yang terus turun juga semakin menggerus ekspektasi perbaikan ekspor Indonesia ke depan.

(Kompas)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply