Home / Hukum / Ekonomi / BEI Harap Aktivitas Lepas Saham Menurun

BEI Harap Aktivitas Lepas Saham Menurun

Logo_IDX

Bursa Efek Indonesia mengharapkan aktivitas lepas saham oleh pelaku pasar dapat menurun sehingga menahan tekanan lebih dalam indeks harga saham gabungan.

“Saat ini memang minim sentimen positif baik dari global maupun dalam negeri, namun diharapkan pelaku pasar ‘cooling down’ agar IHSG BEI tidak tertekan lebih dalam,” kata Direktur BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mengeluarkan stimulus peraturan sektor pasar modal ayng membolehkan emiten atau perusahaan publik untuk melakukan pembelian kembali sahamnya (buy back) dapat menahan penurunan IHSG BEI lebih dalam.

Sebelumnya, Kepala Riset PT Recapital Securities, Andrew Argado mengatakan bahwa aksi pelaku pasar yang cenderung melepas saham-sahamnya dikarenakan kondisi perekonomian global, termasuk Indonesia yang melambat.

“Perekonmian yang melambat akan membuat kinerja emiten menurun, situasi itu membuat saham-saham emiten menjadi kurang menarik untuk di koleksi,” katanya.

“Saat dolar AS naik terhadap rupiah maka beban biaya untuk mengadakan bahan baku otomatis meningkat, situasi itu akan memicu pendapatan dan laba perusahaan bisa tergerus, sehingga investor saham menurunkan harapannya terhadap fundamental perusahaan tercatat atau emiten,” katanya.

(Skalanews)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply