Home / Hukum / Kesehatan / Minuman-minuman Sehat Selain Air Putih

Minuman-minuman Sehat Selain Air Putih

fd08f3d6404dbb682590ad155d370510

Tak ada yang perlu dipertanyakan lagi apa manfaat dari air putih bagi tubuh. Berbagai studi telah membuktikan air putih dapat membantu menurunkan berat badan, membuang racun, menghindari aneka penyakit hingga mendongkrak suasana hati.

Namun, jika hanya mengonsumsi air putih, kandungan manfaat sehat dalam minuman lain tidak didapat.

Artinya, menambahkan minuman lain dalam menu yang kita konsumsi membantu tubuh mendapatkan nutrisi. Lantas minuman apa yang juga menyehatkan selain air putih? Mengutip dari laman Prevention, berikut 4 minuman yang juga menyehatkan selain air putih.

1. Teh hijau

Teh jenis ini memberikan aneka manfaat penting bila dikonsumsi seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, membuat gula darah stabil, dan mengganggu kerja sel kanker.

Beberapa penelitian juga sebut teh hijau bisa membantu kinerja otak lebih baik. Sebuah studi tunjukkan teh ini membantu memblokir pembentukan plak pada saraf yang menyebabkan Alzheimer serta membuat aktivitas di daerah otak yang bertanggung jawab untuk memori.

2. Air kelapa

Terjadi lonjakan penjualan air kelapa di Amerika Serikat dari tahun 2007 ke 2009, dari $4 juta menjadi $20 juta. Banyak yang menyebut hal ini disebabkan aneka penelitian menunjukkan minuman ini mampu menghidrasi tubuh terutama setelah berolahraga. Salah satunya dalam studi Medicine & Science in Sports & Exercise yang menyebut, air kelapa lebih baik dari air.

Air kelapa memang sumber natrium, kalium, dan magnesium. Lalu, dapat menghidrasi seklagus memulihkan otot pascaolahraga.
“Saya sarankan membeli air kepala yang tanpa pemanis atau tambahan buah lainnya,” tambah Stoler.

3. Susu

Kebaikan susu hingga kini masih menjadi kontroversi. Ada para ahli gizi ungkap susu memberikan manfaat menurunkan berat badan dan mencegah kanker, namun ada juga yang ungkap susu berkontribusi terhadap obesitas, kekurangan kalsiu, dan kanker.
Namun banyak studi yang ungkap manfaat sehat dari susu. Salah satunya dari University of Kansas Medical Center. Disebutkan susu meningkatkan kadar glutathione di otak sehingga antioksidan meningkat yang bisa melawan radikal bebas.

4. Bir

Bagi yang diperkenankan minum bir, tak ada salahnya mengetahui manfaat minuman ini. Sebuah studi dalam jurnal PlOs One menemukan bir terkait penurunan penyakit Parkinson. Orang yang minum satu cangkir bir per hari menurunkan 59 persen risiko terkena penyakit neurodegeneratif.

(Fandy)

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply