Home / Hukum / Ekonomi / HIPMI Inginkan Adanya Pelonggaran Disejumlah Sektor Perekonomian

HIPMI Inginkan Adanya Pelonggaran Disejumlah Sektor Perekonomian

249273_01564607042015_hipmi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menginginkan adanya deregulasi atau pelonggaran aturan di sejumlah sektor perekonomian dalam rangka meningkatkan gairah aktivitas perekonomian yang saat ini sedang mengalami perlambatan.

“Yang terjadi sekarang terjadi pengetatan dimana-mana. Mana ada investor berminat,” kata Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia di Jakarta, Minggu (30/8).

Untuk itu, ujar dia, Hipmi menantang pemerintah berani mengambil kebijakan yang dapat memulihkan perekonomian meski kebijakan tersebut kemudian tidak populer.

Hal tersebut, lanjutnya, adalah deregulasi yang diterapkan seperti di sektor pertambangan dan perikanan guna mengatasi hambatan-hambatan ekspor dan fiskal.

“Di sektor-sektor ini harus dideregulasi atau pelonggaran, relaksasi dan sejenisnya,” jelas Bahlil.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melakukan langkah deregulasi sejumlah aturan demi mempermudah investor masuk ke Indonesia.

Langkah itu diputuskan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (19/8), yang dihadiri sejumlah menteri terkait.

“Hal yang jadi konsen Bapak Presiden adalah masih banyaknya regulasi yang menghambat, maka diputuskan deregulasi sehingga memberikan kemudahan, kenyamanan bagi investor untuk masuk ke Indonesia,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan sektor pariwisata tidak memerlukan deregulasi terhadap aturan-aturan yang menghambat sektor pariwisata.

Menurut Menteri Arief Yahya di Jakarta, Kamis (20/8), seluruh perizinan untuk sektor pariwisata telah didistribusikan dan diserahkan kewenangannya kepada daerah.

“Seluruh izin diberikan kepada daerah, kewenangan Pemerintah Pusat hanya mengatur destinasi yang berada di dua wilayah misalnya gunung yang terletak di dua provinsi maka kita ada di situ,” kata Arief Yahya dan menambahkan, pihaknya juga mendelegasikan sejumlah kewenangan perizinan di pusat kepada BKPM.

(Skalanews)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply