Home / Hukum / Kesehatan / lifestyle / 10 Fakta dan Misteri Bulan

10 Fakta dan Misteri Bulan

Bulan

Bulan merupakan satu-satunya satelit planet Bumi. Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit milik Planet Jupiter.

Bulan yang biasa dilihat pada malam hari ini, ternyata memiliki fakta-fakta maupun misteri yang unik. Selain fakta-fakta seperti bulan yang tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya itu berasal dari cahaya pantulan matahari atau bulan yang bisa membuat pasang surut air laut di bumi, ternyata masih banyak yang belum kita ketahui.

Berikut 10 fakta maupun misteri dari bulan :
1. Bulan diperkirakan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, tak lama setelah pembentukan Bumi. Meskipun terdapat sejumlah hipotesis mengenai asal usul Bulan, hipotesis yang paling diterima saat ini menjelaskan bahwa Bulan terbentuk dari serpihan-serpihan yang terlepas setelah sebuah benda langit seukuran Mars bertubrukan dengan Bumi.

2. Bulan adalah satu-satunya benda langit selain Bumi yang telah dipijak oleh manusia.

3. Sebelum dipijak manusia, bulan rupanya lebih dulu dikelilingi oleh kura-kura. Hewan reptil ini diterbangkan ke bulan bersama kumbang, sejenis lalat, biji-bijian, dan bakteri di dalam pesawat ruang angkasa Rusia, Zond 5 pada September 1968. Kura-kura ini bisa kembali dengan selamat bersama pesawatnya ke bumi, walaupun hewan ini megalami penurunan bobot berat badan sekitar 10 persen dari berat badan mereka. Tetapi, mereka tetap dalam kondisi yang sehat.

4. Ternyata, cuaca ekstrim tidak hanya terjadi di bumi. Di bulan pun, cuaca ekstrim bukanlah hal yang aneh. Suhu permukaan bulan bisa bervariasi mulai dari 260 celcius hingga – 151 celcius. Akan tetapi, suhu tersebut ternyata hanya di permukaan bulan saja. Jika Anda menggali permukaan bulan, maka suhu yang ada cukup konstan yaitu sekitar -35 celcius.

5. Bulan kaya akan besi padat di bagian inti dalam, dengan radius sekitar 240 km, dan fluida di bagian inti luar, terutama yang terbuat dari besi cair, dengan radius sekitar 300 km. Di sekitar bagian inti Bulan terdapat lapisan pembatas berbentuk cair dengan radius sekitar 500 km.[34] Struktur ini diperkirakan terbentuk akibat kristalisasi fraksional pada lautan magma sesaat setelah pembentukan Bulan 4,5 miliar tahun yang lalu.

6. Air cair tidak bisa bertahan di permukaan Bulan. Saat terkena radiasi Matahari, air dengan cepat akan terurai melalui proses yang dikenal dengan fotodisosiasi dan lenyap ke luar angkasa

7. Gravitasi di bulan lebih kecil dari Bumi. Itu sebabnya para stronot yang mendarat di Bulan bisa melompat dengan jarak yang jauh atau bahkan melayang.

8. Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut di atas, seperti bumi kita. Tidak demikian halnya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal inilah yang menyebabkan bulan sangat kuat dan tahan serangan.

9. Dibanding benda angkasa lainnya, orbit bulan benar-benar hampir bulat sempurna.

10. Jarak rata-rata dari Bumi ke Bulan adalah 384,400 km.

 

(Fandy)

About admin

Check Also

Inilah 6 Makanan yang Memiliki Kalsium Tinggi

Sebagian besar orang percaya kalau susu menjadi satu-satunya sumber kalsium bagi tubuh manusia. Namun pandangan tersebut ternyata …

Leave a Reply