Home / Hukum / Kesehatan / 4 Cara Cerdas Yang Mengejutkan Untuk Menekan Rasa Lapar

4 Cara Cerdas Yang Mengejutkan Untuk Menekan Rasa Lapar

4-cara-cerdas-yang-mengejutkan-untuk-menekan-rasa-lapar

Rasa lapar tentu dialami oleh semua orang. Dan jika rasa lapar ini tidak bisa ditekan dengan baik, tidak jarang hal ini akan mendorong seseorang untuk terus makan. Padahal kita semua tahu, makan secara terus menerus bisa saja membuat berat badan naik dengan cepat. Bukan hanya itu saja, hobi makan juga merupakan kebiasaan yang tidak baik dan tidak sehat hingga membuat program diet pun gagal. Apalagi, jika makanan yang dimakan adalah makanan ringan. Lantas, bagaimana caranya untuk menekan rasa lapar dan program diet pun berhasil dilakukan? Dilansir dari laman prevention.com, inilah 4 cara cerdas untuk menekan rasa lapar.

1. Mulailah Dengan Sarapan Gandum Atau Olahannya

Jika Anda tetap kenyang selama beberapa jam ke depan, pastikan untuk sarapan menggunakan gandum ataupun makanan olahan dari gandum seperti roti dan sereal. Penelitian dari Lund University di Swedia menyebutkan jika lemak sehat yang terkandung dalam gandum bisa memicu rasa kenyang hingga waktu yang cukup lama. Nutrisi yang terkandung pada gandum mampu memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh secara baik.

2. Menyibukkan Diri Dengan Bermain Game Atau Aktivitas Lain Kesukaan Anda

Dalam study terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite menemukan jika seseorang bisa menekan rasa lapar ketika ia asik bermain game atau melakukan aktivitas kesukaannya. Saat seseorang telah asik dengan aktivitas kesukaannya, dikatakan ia akan melupakan keinginan makan. Tapi, saat bermain game dan ingin menekan rasa lapar, pastikan untuk bermain game yang tidak berhubungan dengan makanan.

3. Tekan Kepala Selama 30 Detik

Cara ini kedengarannya mungkin cukup aneh dan tak masuk akal. Tapi jangan salah, para peneliti di New York Obesity Nutrition Research Center mengemukakan jika menekan kepala atau dahi dengan satu jari sedikitnya selama 30 detik bisa membuat keinginan makan berkurang. Anda juga bisa menekan pelipis dengan dua jari selama 30 detik agar rasa lapar bisa dicegah. So, jika Anda lapar namun tak ingin makan, pastikan untuk mencoba cara ini ya.

4. Pikirkan Hal Menyedihkan

Saat seseorang berpikir tentang suatu yang hal menyedihkan atau mengingat kembali hal yang mengecewakan, perlahan namun pasti, hal ini akan membuat seseorang tersebut menjadi tidak nafsu makan. Rasa lapar pun akan hilang dan makanan ataupun minuman yang ada di depan mata akan berasa tidak menarik sama sekali. Namun ingat Ladies, saat berpikir mengenai hal yang menyedihkan, Anda tidak boleh berpikir terlalu dalam karena hal ini bisa saja membuat Anda semakin terpuruk dan depresi.

Itulah beberapa cara cerdas untuk menekan rasa lapar. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba ya. Jangan lupa untuk berbagi tips dengan kami jika Anda memiliki cara lain yang lebih efektif, mudah dan menyenangkan.

(Fandy)

About admin

Check Also

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Kulkas menjadi tempat andalan kita menyimpan bahan pangan karena kesegarannya lebih terjaga. Tetapi, kulkas juga …

Leave a Reply