Home / Nasional / Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh OPEC

Indonesia Resmi Jadi Anggota Penuh OPEC

capture-20150915-145237

Pemerintah Indonesia secara resmi bergabung kembali dengan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) sebagai anggota penuh.

Rencana Indonesia untuk kembali aktif di OPEC tak lepas dari wacana yang digulirkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said beberapa waktu lalu.

Dengan kembali aktif menjadi pengawas atau observer, kata Sudirman, Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membeli minyak langsung dari negara-negara anggota OPEC.Hal ini untuk menyiasati semakin tingginya angka konsumsi minyak yang tak sebanding dengan kemampuan produksi dalam negeri.

Atas dasar itu, mantan bos PT Pindad itu pun menghadiri rangkaian pertemuan bilateral dan seminar OPEC yang berlangsung di Wina, Austria pada 4-5 Juni lalu.

Pada saat itu, OPEC belum bisa mengabulkan keinginan Sudirman Said.Menteri ESDM diminta menunggu hingga sidang OPEC berikutnya digelar pada November 2015.

Beruntung tidak sampai November, mayoritas anggota OPEC merespon positif hasrat Indonesia untuk bergaul kembali di komunitas negara-negara penghasil minyak dunia.

Indonesia merupakan salah satu penggagas OPEC sejak 1962. Namun, lantaran mengalami penurunan produksi disertai dengan ketimpangan pola konsumsi minyak domestik yang menyebabkan defisit, Indonesia memutuskan keluar dari OPEC dengan status suspended sejak 2009.

(Fadil)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply