Home / Business / Seskab:122 Regulasi Penghambat Bisnis Terkait Dwelling Time

Seskab:122 Regulasi Penghambat Bisnis Terkait Dwelling Time

capture-20150915-144707

Sekretarias Kabinet (Seskab) Promono Anung mengungkapkan paket kebijakan ekonomi yang dijanjikan pemerintah dalam beberapa pekan terakhir sifatnya lebih banyak terfokus pada penyederhanaan perizinan usaha. Sedikitnya 154 peraturan yang sifatnya menghambat kegiatan ekonomi akan dikaji ulang, di mana 122 regulasi di antaranya terkait dengan aktivitas pelabuhan.

Presiden Joko Widodo, lanjut Seskab, dalam beberapa kali rapat koordinasi yang terakhir selalu menginstruksikan para menterinya untuk membuat kebijakan yang ramah investasi dan tidak saling bertentangan dengan peraturan lain. Deregulasi kebijakan ini tujuannya untuk mengurangi hambatan (barrier) usaha di Tanah Air.

Penyederhanaan aturan ini, lanjut Pramono, diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi investor dalam berbisnis di tengah turbulensi ekonomi yang tengah menguat. Dalam waktu dekat atau jangka pendek, tegas Seskab, deregulasi kebijakan harus sudah berjalan, terutama untuk level kebijakan pemerintah yang tidak harus memerlukan izin legislator.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih mengklaim rencana deregulasi 154 peraturan tersebut merupakan usulan dari timnya.Penyederhanaan peraturan ini diusulkan untuk menstimulus sekaligus menyelamatkan industri dari keterpurukan ekonomi.

(Fadil)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply