Home / Hukum / Ekonomi / Kebijakan The Fed Bukti AS Tak Bisa Lagi Sepelekan China

Kebijakan The Fed Bukti AS Tak Bisa Lagi Sepelekan China

capture-20150922-085819

Konsultan Ekonomi dan Bisnis Ramah Lingkungan, Green Investment cooperations (IGIco) Advisory menilai keputusan Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) mempertahankan suku bunga acuan merupakan bagian dari sinkronisasi kebijakan ekonomi dan moneter global yang mulai mengacuhkan keberadaan China sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Martin Panggabean, Ekonom IGICo Advisory menuturkan kebijakan The Fed untuk tidak menaikkan suku bunga acuannya justru menunjukkan pengakuan bahwa China dan nilai tukar Yuan sudah tidak dapat lagi dimarjinalkan. Perlambatan ekonomi China dengan kebijakan devaluasi Yuan-nya, menurut Martin memberikan bobot yang besar bahwa kondisi global masih dalam posisi rentan.

Martin Panggabean melalui keterangan tertulisnya mengatakan. Yang penting ditangkap dari keputusan The Fed ini adalah (AS) berusaha memarjinalkan Yuan sebagai mata uang dunia, tampaknya justru menunjukkan pengakuan bahwa China dan nilai tukarnya sudah tidak dapat lagi (bisa) dipinggirkan.

Dia mengatakan, keputusan The Fed juga bisa dianggap sebagai bagian dari sinkronisasi kebijakan ekonomi moneter secara global seperti yang tersirat dari imbauan pimpinan IMF Christin Lagarde kepada AS.

Dalam beberapa hari ini, lanjut Martin, volatilitas pasar keuangan masih tetap tinggi dan diperkirakan masih akan terus terjadi. Hal ini konsisten dengan pernyataan China bahwa masih ada gejolak pasca pecahnya bubble pasar China yang harus dibersihkan.

Tidak naiknya The Fed justru memang memperpanjang siklus ketidakpastian dan akan menciptakan spekulasi-spekulasi baru. Dengan demikian volatilitas masih akan terus terjadi.

(Fadil)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply