Home / Business / Kemenhub Siap Libatkan Swasta di Kompetisi Bisnis Avtur

Kemenhub Siap Libatkan Swasta di Kompetisi Bisnis Avtur

capture-20150922-092458

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan kembali PT Pertamina (Persero) soal instrusi Presiden Joko Widodo agar harga avtur yang dijual ke seluruh bandara diturunkan mengikuti tren penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugiharjo menegaskan jika Pertamina tidak menyanggupi hal itu, maka bisnis avtur di bandara akan dikompetisikan dengan melibatkan swasta.

Berdasarkan surat yang dilayangkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ke Pertamina, kata Sugiharjo, secara tegas dan jelas menginstruksikan agar Pertamina memangkas harga jual avtur . Adapun yang menjadi dasar pertimbangan Jonan adalah tren penurunan harga BBM di pasar internasional.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menekan harga avtur yang dijualnya di seluruh bandara. Tingginya selisih harga avtur di Bandara Changi, Singapura menurut Jokowi membuat harga avtur Pertamina tidak kompetitif.

Menhub Jonan pun meminta Pertamina menurunkan harga avturnya paling tidak sama dengan harga internasional. Dia memaparkan harga avtur Pertamina lebih mahal 20 persen dari harga internasional sehingga membuat maskapai asing lebih memilih transit di Singapura untuk mengisi bahan bakar.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Pertamina, Ahmad Bambang mengakui bahwa harga avtur yang dijualnya lebih mahal karena kilang Pertamina sudah tua dan ada beban pajak yang harus dibayarkan. Di samping itu, Pertamina sebagai pemasok tunggal avtur di Indonesia juga harus melakukan subsidi silang antara harga avtur di bandara besar dengan bandara kecil.

Menanggapi hal itu, Jonan mengancam akan mengajak pemain swasta untuk menjadi pemasok avtur di bandara-bandara nasional jika Pertamina berhenti memasok bahan bakar pesawat tersebut.

(Fadil)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply