Home / Hukum / Ekonomi / Rupiah Terus Melemah, BPK Siap Audit Bank Indonesia

Rupiah Terus Melemah, BPK Siap Audit Bank Indonesia

BPK,_Badan_Pemeriksa_Keuangan,_Gedung3_[Deni_Hardimansyah]
Terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sampai ke angka Rp 14.551 per dolar pada penutupan perdagangan kemarin, membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) gerah. Kantor auditor negara tersebut menyatakan siap mengaudit kebijakan stabilitas nilai tukar yang dibuat Bank Indonesia (BI) apabila diminta oleh Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketua BPK Harry Azhar Aziz menduga ada kesalahan kebijakan moneter yang membuat rupiah terus terdepresiasi terhadap dolar sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Audit kebijakan moneter yang dimaksud Harry mencakup keseluruhan kebijakan, termasuk kemungkinan adanya konflik kepentingan dalam pengendalian nilai tukar rupiah.

Dia mengatakan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang BI diatur bahwa BPK tidak bisa melakukan audit terhadap kebijakan bank sentral tanpa ada permintaan resmi dari DPR. Menurutnya, selama ini BPK hanya diperkenankan memeriksa anggaran operasional BI.

Dalam ketentuan UU, jelas Harry, BI merupakan lembaga yang bersifat independen sehingga kebijakannya tidak bisa diaudit. Namun, jika sudah ada permintaan resmi dari rakyat yang diwakili oleh DPR, maka BPK diperbolehkan untuk melakukannya.

Harry mengaku telah berbicara dengan para pemimpin Komisi XI DPR yang membidangi keuangan guna memastikan keseriusan tersebut. Namun, Harry mengaku sampai saat ini belum ada permintaan resmi dari komisi yang bersangkutan karena masih dalam pembahasan internal Komisi XI.

(Fadil)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply