Home / Nasional / PDI Desak Pimpinan DPR Agar BPK Lakukan Pemeriksaan BI

PDI Desak Pimpinan DPR Agar BPK Lakukan Pemeriksaan BI

Hendrawan-Supratikno-595x279

Fraksi PDI Perjuangan desak Pimpinan DPR agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan investigatif terhadap Bank Indonesia (BI).

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Fraksi PDI P Hendrawan Supratikno bahwa pemeriksaan terhadap BI ini untuk melihat kinerja dan efektivitas manajemen dalam pengelolaan nilai tukar rupiah, termasuk intervensi BI di pasar valuta asing.

“Fraksi PDI Perjuangan DPR RI mendesak pimpinan DPR RI segera mengadakan pertemuan konsultasi dengan pimpinan BPK serta meminta kepada BPK untuk melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap BI,” kata Hendrawan dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (29/9).

Pemeriksaan ini, lanjutnya, sebagaimana diatur dalam UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dan UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK.

Menurut Hendrawan, pelemahan rupiah belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Dalam waktu tidak lama lagi akan segera menembus ambang psikologis Rp15 ribu per dolar AS.

“Jangan sampai terjadi, kekurangefektifan pengelolaan nilai tukar yang dilakukan BI membawa dampak yang buruk terhadap kinerja perekonomian nasional dan kinerja pemerintah secara keseluruhan, dengan akibat-akibat yang merugikan masyarakat,” tukasnya.

(Skalanews)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply