Home / Nasional / KPK Mengklaim Bahwa Pihaknya Sudah Melakukan Pencegahan Korupsi

KPK Mengklaim Bahwa Pihaknya Sudah Melakukan Pencegahan Korupsi

zulkarnaen_20150126_20150127_011231

Wakil Ketua KPK Zulkarnain mengklaim bahwa pihaknya sudah melakukan upaya maksimal dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi. Salah satunya, dalam bidang perekonomian.

Dirinya menyebutkan, bahwa selama ini KPK sudah sangatlah intensif dalam melakukan berbagai macam kajian sebagai bagian pencegahan.

“Kita sangat intensif, itu misalnya kajian-kajian Litbang kita itu kan cukup banyak. Antara lain yang sangat populer itu kan menyangkut penyelamatan SDA (sumber daya alam), kemudian perkebunan, laut dan pertambangan,” jelasnya saat ditemui wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/10) malam.

Namun, apakah kajian tersebut sudah dijadikan acuan oleh pemerintah, Zulkarnain enggan menyinggungnya.

Namun, dirinya menegaskan, bahwa selama ini KPK telah menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui pengamatan cukup mendalam di daerah. Hasil pengamatan kemudian ditindaklanjuti bersama kepala daerah terkait dengan rencana aksi yang jelas.

“Ini kan upaya-upaya pencegahan kita, dan termasuk juga zona integritas. Kemudian fraud control kita bangun, semua upaya pencegahan,” beber Zulkarnain.

Selain itu, KPK juga meningkatkan pengawasan gratifikasi terhadap penyelenggara negara melalui unit pengendali gratifikasi bersama kementerian/lembaga terkait.

Dengan tujuan, setiap kementerian/lembaga bisa bekerja mandiri untuk mencegah praktik gratifikasi di lingkungannya.

“Kemudian LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara), itu kan juga kita intensifkan. Artinya diperluas lagi, di mana pejabat ataupun pejabat yang strategis diperluas di LHKPN sehingga lembaga itu sendiri bisa memonitor perkembangan kekayaan pejabat,” demikian Zulkarnain.

(Skalanews)

About admin

Check Also

Berikut Laporan Kunjungan Kerja Komisi E DPRD DKI ke Bali

Seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, DPRD DKI juga membuat laporan setelah melakukan kunjugan …

Leave a Reply