Home / Hukum / Ekonomi / OJK Akan Terus Kawal Kebijakan yang Telah Dikeluarkan Untuk Mendorong Sektor UKM

OJK Akan Terus Kawal Kebijakan yang Telah Dikeluarkan Untuk Mendorong Sektor UKM

Logo-OJK-2

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus mengawal kebijakan yang telah dikeluarkan salah satunya mendorong sektor UKM melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) agar terlaksana sehingga mendorong kinerja industri pasar modal Indonesia.

“OJK sudah mengeluarkan 15 stimulus di bidang pasar modal. Tentu ini yang perlu kita kawal karena tidak bisa selesai hanya dalam satu malam untuk realisasinya dan pelaksanaannya,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Padang, Selasa (6/10).

Ia mengemukakan bahwa salah satu kebijakan yang dikeluarkan OJK yakni pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk melakukan pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), mencakup penyusunan ketentuan untuk pengembangan, serta pembuatan papan khusus untuk sektor itu.

Saat ini, lanjut dia, BEI memiliki dua papan perdagangan yakni saham papan utama (main board) dan saham papan pengembangan (development board), pelaku pasar dapat memilah dan mengidentifikasi sendiri mana saham yang layak dikoleksi dan mana yang tidak layak.

Sementara, Analis First Asia Capital David N Sutyanto mengatakan bahwa setidaknya terdapat dua hingga tiga perusahaan di Padang, Sumatera Barat, yang berpotensi untuk melakukan pencatatan saham di BEI melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO).

“Potensinya cukup bagus apalagi didukung oleh OJK dan BEI yang terus gencar mendorong jumlah perusahaan tercatat atau emiten di pasar modal,” ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa perusahaan itu bergerak di sektor jasa keuangan dan distribusi logistik, secara aturan perusahaan itu cukup memenuhi syarat untuk melakukan IPO. Salah satu aturan IPO yakni memiliki aktiva berwujud bersih atau net tangible asset minimal sebesar Rp5 miliar.

“Namun, harus terus dilakukan edukasi karena menjadi perusahaan terbuka dibutuhkan keseriusan agar manfaatnya menjadi maksimal,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa untuk mendorong UKM masuk pasar modal juga harus didukung insentif biaya emisi di pasar modal diantaranya biaya administrasi, biaya pencatatan awal, serta biaya profesi seperti akuntan.

(Skalanews)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply