Home / Hukum / Ekonomi / Rupiah Melonjak ke Kisaran 14.000, Lanjutkan Penguatan

Rupiah Melonjak ke Kisaran 14.000, Lanjutkan Penguatan

nilai-tukar-rupiah-terhadap-dollar-as-makin-terpuruk-hingga-_150301183947-214

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (7/10/2015) masih melaju kencang hingga ke kisaran 14.000. Pagi ini rupiah dibuka pada level 14.180, lebih kuat dibandingkan penutupan kemarin pada 14.241.

Data Bloomberg pukul 08.45 WIB menunjukkan, mata uang garuda berada di posisi Rp 14.065 per dollar AS, menguat 176 poin dibanding sebelumnya.

rupiah melaju kencang setelah dollar AS terpuruk di depan mata uang emerging market. Mata uang garuda memimpin penguatan di kawasan Asia

Di pasar spot, kemarin nilai tukar rupiah menguat 1,81 persen dari sehari sebelumnya ke level Rp 14.241 per dollar AS. Adapun kurs tengah Bank Indonesia kemarin berada di posisi Rp 14.382 per dollar AS, naik 222 poin dibanding kemarin pada14.604.

Hari ini rupiah diperkirakan masih akan terus melaju. Albertus Christian, Senior Research and Analyst PT Monex Investindo Futures mengatakan, penguatan rupiah cukup tajam lantaran merespon perubahan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed. Perubahan yang cukup drastis ini menekan performa dollar AS di hadapan mata uang emerging market termasuk rupiah.

“Sementara ini perkiraannya Fed rate ditunda hingga awal tahun depan,” ujar dia seperti dikutip Kontan.

Di samping itu, Christian melihat penguatan rupiah didukung katalis positif dari dalam negeri yakni adanya optimisme pemulihan ekonomi setelah pemerintah menyuntik dana hingga Rp 3,73 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

“Katalis positif lain datang dari Deputi Gubernur BI yang menyatakan bahwa rupiah sudah undervalued. Komentar ini memicu minat beli rupiah sehingga menunjukkan penguatan terbaik dalam enam tahun terakhir,” katanya.

(Kompas)

About admin

Check Also

Harga Emas Dunia Menurun

  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis …

Leave a Reply