Home / Otomotif / Yamaha Luncurkan R1 dengan Harga Lebih Terjangkau

Yamaha Luncurkan R1 dengan Harga Lebih Terjangkau

motor-yamaha-all-new-yzf-r1-r1-m-meluncur-di-giias-44FNSsEX5A

Yamaha meluncurkan R1 dengan harga lebih terjangkau. Model tersebut muncul di website Yamaha Amerika Serikat (AS) dan disebut YZF-R1S. Inilah jawaban dari misteri nama yang dipatenkan April tahun lalu, yang menyebut adanya R1M dan R1S selain R1 ”orisinal”.

Setelah muncul di pematenan nama, lalu R1S juga didaftarkan pada lembaga yang menangani emisi di AS (CARB) beberapa bulan kemudian. Belum ada yang bisa menebak saat itu, hingga akhirnya saat ini diketahui bahwa R1S menjadi bagian dari diversifikasi model Yamaha versi produksi terkencang.

Lalu, mengapa disebut versi murah? Yamaha ”menyederhanakan” berbagai komponen. Tidak mengurangi performa secara signifikan, namun lumayan menambah bobot.

R1S mempunyai conecting rod (conrod) dan header pipa gas buang dari besi baja, sementara R1 dan R1M pakai titanium. Pelek dan penutup mesin pakai aluminium, sedangkan versi yang lebih mahal pakai magnesium. Hasilnya, bobot lebih berat 4 kg.

Spesifikasi lain yang tidak dipasang adalah fitur quick-shifter (pemulus perpindahan gigi), namun tetap disertakan kontrol traksi canggih dengan inertial measurement unit (IMU).

IMU adalah peranti elektronik yang bisa menganalisa posisi sepeda motor, orientasi, kemiringan, tekanan gravitasi, menggunakan accelerommeter dan giroskop serta magnetometer.

Di AS, R1S dibanderol 14.990 dollar AS (setara Rp 208 jutaan) atau lebih murah 2.000 dollar AS (27,8 jutaan) dibandingkan dengan R1.

(Visordown)

About admin

Check Also

Volkswagen Mengakali Uji Emisi Bahan Bakar Mesin Diesel di AS

Usaha Volkswagen mengakali uji emisi bahan bakar mesin diesel di Amerika Serikat (AS) jelas aksi …

Leave a Reply