Home / Breaking News / Lewat Nama Domain Brand Building

Lewat Nama Domain Brand Building

Nama-Nama-Domain

Sudah tidak bisa dibantahkan lagi bahwa internet telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai pengguna internet terbanyak nomor enam di dunia, masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk kehidupan sehari – hari. Tidak hanya dari sisi hiburan saja, namun juga untuk kepentingan bisnis.

Nah, dalam aspek bisnis inilah internet memainkan banyak peranan penting bagi masyarakat Indonesia. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa dalam dunia bisnis sebuah brand building merupakan suatu proses yang vital dalam menjual produk. Sebuah brand akan populer dan banyak dikenal apabila brand tersebut mempunyai identitas yang kuat.

Dalam dunia maya atau internet, identitas menjadi suatu hal yang sangat penting. Dari identitas itulah keberadaan seseorang atau suatu badan usaha akan dikenal, terlebih dipercayai oleh pihak yang terhubung, dan dari identitaslah sebuah brand dibangun.

Di internet, nama domain merupakan identitas yang paling dikenal. Semakin mudah nama domain untuk diingat, maka akan semakin dikenal pula. Semakin pintar membuat nama domain Anda, maka akan semakin mudah “menjual diri” Anda di internet. Karena pada dasarnya, nama domain Anda adalah nama brand yang Anda bangun. Nama domain menerjemahkan alamat protokol internet dalam bentuk numerik menjadi nama yang mudah diingat oleh pengguna internet.

Di Indonesia sendiri mempunyai domain negara yang berakhiran .id. Domain .id secara teknis sama persis dengan domain-domain lainnya, karena menggunakan standar internasional. Yang membuat domain .id berbeda adalah sebagai identitas lebih terpercaya, dikarenakan identitas pemilik domain .id tercatat dengan jelas. Sedangkan kebanyakan domain internasional, identitas pemiliknya sering dirahasiakan.

Karena tingkat kepercayaan yang tinggi inilah domain .id sangat pas untuk digunakan sebagai brand suatu perusahaan atau produk online lainnya. Melalui domain .id Anda bisa melakukan brand building yang sempurna.

Sejak 17 Agustus 2014, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengeluarkan nama domain .id langsung tanpa tambahan prefiks di depannya. Sebelumnya Anda mengenal domain co.id untuk perusahaan, sch.id untuk sekolah, or.id untuk organisasi, dan semacamnya. Saat ini Anda dapat langsung menggunakan nama domain .id, seperti namamerek.id, namaperusahaan.id, abcde.id, 12345.id, atau yang lainnya.

Domain .id sangat sesuai untuk digunakan sebagai nama brand. Karena keunggulannya yang lebih pendek sehingga mudah diingat. Selain itu domain .id belum banyak didaftarkan, sehingga Anda masih mempunyai kesempatan yang besar untuk mendaftarkan nama brand yang catchy.

Domain .id dapat didaftarkan dengan nama minimal 5 karakter dan maksimal 63 karakter. Tapi jangan khawatir, jika Anda memerlukan domain .id 2-4 karakter, PANDI membuka kesempatan pendaftaran khusus hingga 9 Oktober 2015. Pendaftaran dilakukan secara online di http://domainterbatas.pandi.id.

(Kompas)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply