Home / Breaking News / Diprediksi Rupiah Diprediksi Bakal Bergerak pada 13.350-13.450

Diprediksi Rupiah Diprediksi Bakal Bergerak pada 13.350-13.450

0ad4c-dollar-rupiah

Hari ini rupiah diprediksi kembali bergerak terbatas pada level 13.350-13.450 per dolar Amerika Serikat. Ekonom dari Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto, mengatakan berbagai pernyataan dari petinggi bank sentral Amerika Serikat (The Fed), seperti Charles Evans dan Dennis Lockhart, menjadi faktor dominan yang mempengaruhi pergerakan dolar AS.

Nilai tukar rupiah kemarin menguat 4 poin atau 0,03 persen ke level 13.407,5 per dolar AS. Kenaikan nilai tukar rupiah mulai melambat seiring dengan minimnya sentimen positif baru.

Menurut Myrdal, rupiah memasuki fase jenuh beli (overbought). Investor yang tidak memiliki alasan untuk terus menumpuk rupiah akhirnya memilih mengurangi pembelian untuk sementara waktu. “Wajar, penguatan rupiah sudah terlalu tajam selama beberapa hari terakhir,” ucapnya.

Myrdal berujar, pada pertengahan bulan, permintaan dolar relatif tinggi. Kebutuhan korporasi dan emiten untuk mengimpor bahan baku serta membayar kewajiban jangka pendek mulai menggerus ketersediaan dolar di pasar domestik.

Di sisi lain, investor juga mulai mengantisipasi rilis data-data ekonomi domestik dan luar negeri pada pekan ini. Untuk mengurangi risiko kerugian, investor mengurangi portofolio rupiah.

“Investor khawatir angka inflasi dan penjualan retail AS dapat mengurangi optimisme penundaan Fed’s Rate,” tuturnya.

(Tempo)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply