Home / Breaking News / Ribuan Buruh Unjuk Rasa Untuk Menolak Paket Ekonomi Jilid IV

Ribuan Buruh Unjuk Rasa Untuk Menolak Paket Ekonomi Jilid IV

Indonesian trade union supporters march towards the Presidential Palace in Jakarta September 1, 2015. Tens of thousands of workers protested on Tuesday against job cuts and called for higher wages raising pressure on the government as it struggles to kickstart an economy growing at its slowest in six years.  REUTERS/Darren Whiteside

Hari ini, Kamis (15/10), ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja se Jabotabek akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Negara. Aksi ini untuk menolak paket ekonomi pemerintah jilid IV yang rencananya akan dikeluarkan pada Kamis (15/10) ini.

“Aksi awal ini akan dilakukan 2 ribu buruh seJabotabek ke Istana (titik kumpul di patung kuda Indosat) pada Kamis (15/10) jam 10.00 WIB,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam rilisnya.

Buruh menilai, paket ekonomi jilid IV pemerintahan Jokowi fokus dalam kebijakan upah yang merugikan buruh. “Karena kembali kepada upah murah sebagai daya saing industri,” ujar Iqbal.

Padahal, lanjut Iqbal, pengusaha sudah dapat segalanya melalui paket ekonomi jilid I, II, III. “Sedangkan buruh hanya dikasih pil pahit upah. Air susu dibalas air tuba,” cetusnya.

Adapun buruh yang akan berunjuk rasa berasal dari KSPI, KSPSI, AGN, KSBSI, KASBI, FSPMI, SPN, KP KPBI, SBTPI dan 70 serikat buruh lainnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memastikan pihaknya akan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid IV yang lebih banyak berbicara untuk mengatasi berbagai masalah dalam sektor ketenagakerjaan.

“Itu lebih banyak soal ketenagakerjaan, soal formula upah minimum dan izin-izin ketenagakerjaan, karena di sana banyak izin,” katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/10) lalu.

Namun, Darmin tidak berbicara banyak soal paket kebijakan yang menurut rencana diumumkan pada Kamis (15/10) nanti. Ia dipastikan ada birokrasi perizinan yang dipermudah untuk memberikan kenyamanan bagi para pekerja.

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply