Home / Breaking News / Ternyata Produk Apple Tidak Selalu Sukses

Ternyata Produk Apple Tidak Selalu Sukses

50ea3a9d972c51357527709apple-office

Apple di masa kini dikenal dengan jajaran produk yang sedikit, mahal, tapi laku keras dan diidamkan banyak orang. Tapi bila melirik sejarahnya, ternyata mereka tidak selalu sukses.

Pada suatu masa, ketika Apple masih muda, mereka juga pernah membuat produk-produk gagal. Bahkan, bisa dikatakan produk tersebut seolah tidak eksis, cuma diingat oleh segelintir orang saja.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (15/10/2015), kurang lebih ada 12 produk buatan Apple muda, sebagian ada yang gagal dan sebagian lagi bukanlah barang yang dikenal generasi masa kini. Simak rangkuman berikut.

1. Kaset Game untuk Apple II

Apple merilis kaset ini sekitar tahun 1978. Pada masa itu belum ditemukan disket, sehingga komputer buatan Apple menggunakan software yang disimpan dalam kaset. Di dalamnya tersimpan game seperti Slot Machine, Star Wars dan Lemonade Stand.

2. Printer Apple

TechCrunch Printer buatan AppleAlat pencetak ini hadir di pasar sekitar 1979 hingga 1988. Kala itu setiap perusahaan komputer mesti membuat printer sendiri, karena memang belum ada perusahan yang khusus bergerak membuat mesin cetak tersebut.

Apple pertama kali memperkenalkan printer bernama Silentype pada 1979. Mesin cetak ini berjenis thermal printer dan dijual dengan harga 599 dollar AS atau setara Rp 8 juta.

Harga itu tak murah, bila disesuaikan dengan masa kini bisa mencapai 2.000 dollar AS atau sekitar Rp 26,9 juta. Mereka berhenti membuat printer setelah merilis LaserWriter pada 1985 dengan harga 6.995 dollar AS atau sekitar Rp 94 juta (bila disesuaikan dengan saat ini bisa setara 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 201 juta).

3. MacWrite

TechCrunch Aplikasi pengolah dokumen Apple MacWrite

Ini adalah sebuah aplikasi pengolahan dokumen buatan Apple. Bisa dikatakan mirip dengan Microsoft Word yang lebih kita kenal di zaman ini.

MacWrite dirilis Apple pertama kali pada 1984 untuk Macintosh orisinil. Aplikasi tersebut merupakan salah satu piranti lunak pengolahan dokumen pertama dan termasuk yang dikenal hebat di lingkungan DOS.

4. The Apple Collection

TechCrunch Apple juga pernah masuk ke bisnis pakaian dan membuat koleksi sendiri

Ya, Anda tidak salah. Ini adalah salah satu lini produk fashion Apple muda. Kreasinya pun tidak minimalis, sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan kaus turtleneck sederhana yang biasa dipakai mendiang Steve Jobs.

Koleksi fashion Apple berisi dengan pakaian bergaya 80-an, seperti topi berwarna pelangi, kacamata hitam dengan logo Apple, dan sweathshirt.

5. Apple Scanner

TechCrunch Mesin pemindai buatan Apple yang dibanderol dengan harga mahal

Selain mesin cetak, Apple juga pernah membuat mesin pemindai atau scannner. Mereka menjual produk ini pada kurun 1988 hingga 1997 sebagai peripheral Macintosh.

Sayangnya tak satupun dari mesin pemindai itu yang sukses di pasar dan pada 1997, mereka mulai berhenti menjualnya.

(TechCrunch)50ea3a9d972c51357527709apple-office

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply