Home / Breaking News / HT Menyeru Para Pemuda Agar Bergerak untuk Membuat Indonesia Maju di Masa Mendatang

HT Menyeru Para Pemuda Agar Bergerak untuk Membuat Indonesia Maju di Masa Mendatang

 16hary-tanoe

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo (HT) menyeru kepada para pemuda agar bergerak untuk membuat Indonesia lebih baik dan maju di masa mendatang.

“Bagaimana kita bisa lebih adil, adil secara hukum, adil secara sosial, olahraga kita terpuruk hapir disemua bidang. Bagaimana pemuda bisa membangun itu dalam semua bidang, sesuai dengan peranan mereka masing-masing,” kata HT.

Hal itu disampaikannya dalam acara Rembug Pemuda bertema Kiprah Pergerakan Pemuda dalam Membangun Indonesia di kantor DPP Partai Perindo, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Kegiatan yang digelar untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda itu diikuti sejumlah organisasi kepemudaan. Di antaranya, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

HT mengatakan, pemuda memiliki peran yang besar dalam membangun negeri ini. Kaum muda mendominasi penduduk Indonesia, yakni separuhnya berusia di bawah 30 tahun. Kondisi ini masih akan terus berlangsung hingga 15 tahun mendatang.

”Jumlah mereka besar, staminanya jauh lebih baik secara fisik. Dan seharusnya secara edukasi juga harus lebih baik dari generasi terdahulu. Masa depan kita ada di tangan mereka,” ungkapnya.

Bonus demografi, lanjut HT, harus dimaksimalkan. Besarnya jumlah kaum muda harus diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang memadai sehingga tidak menciptakan pengangguran.

Untuk itu kata HT, merupakan pekerjaan rumah bersama dalam membangun industri yang menciptakan nilai tambah dan padat karya. Selain itu sektor UMKM harus didorong dengan maksimal.

Sementara ihwal minimnya lapangan pekerjaan khususnya bagi kaum muda menjadi sorotan Ketua IMM, Beni Pramula. Lantas, dia membandingkan kondisi para pemuda di Indonesia dengan di Belanda.

“Kita sempat ke Den Haag, kalau siang atau malam hari hampir enggak ada pemuda atau mahasiswa di pinggir jalan, cerita-cerita atau bergosip. Mereka sibuk di dalam gedung, berbicara masalah sektor industri, berbicara bagaimana mereka mengembangkan kewirausahaan,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini Indonesia tidak memberi kesempatan bagi kaum muda untuk berperan lebih besar dalam pembangunan. Mereka tidak mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk mengisi posisi-posisi strategis termasuk di pemerintahan.

“Negara tidak memberikan porsi yang spesial bagi pemuda. Kaum tua yang sudah tidak mampu lagi membangun bangsa, tidak memberikan kesempatan kepada generasi-generasi muda untuk mengisi posisi-posisi strategis,” terangnya.

Beni berharap, ke depan ada regulasi khusus yang memaksimalkan potensi pemuda.

Sementara Ketua HMI, Arief Rosyid Hasan mengatakan, Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober menjadi momentum untuk mengingkatkan semua pihak atas besarnya peran pemuda dalam berbagai aspek kehidupan.

“Catatan sejarah 1908 dan beberapa momen-momen penting negara, selalu didorong anak muda. Mudah-mudahan di 2015, Sumpah Pemuda bisa dimaknai sebagai momentum sejarah yang mengingatkan anak bangsa betapa pentingnya peran pemuda dalam agenda-agenda perubahan,” harap Arief.

Hal senada disampaikan Effendy Syahputra selaku Ketua Pemuda Partai Perindo. Dia berharap terjadi konsolidasi para pemuda.

“Sama-sama kita benahi bangsa ini lagi. Dan alhamdulliah tadi masukannya cukup bagus, baik sehingga muncul optismisme dari kita Pemuda Perindo untuk melangkah lebih baik ke depan. Dengan menghimpun semua kemampuan potensi terbaik untuk bangsa ini,” paparnya.

Dia menambahkan banyak anak muda saat ini apatis terhadap partai dan bahkan tidak percaya terhadap partai.

“Ya, ini ada partai baru yang diisi oleh pemuda dan kita membuka pintu selebar-lebarnya generasi muda untuk bergabung,” tegasnya.

(Okezone)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply