Home / Breaking News / Jokowi dan Obama Berkomitmen Perdalam Kerja Sama di Bidang Energi Antar Kedua Negara

Jokowi dan Obama Berkomitmen Perdalam Kerja Sama di Bidang Energi Antar Kedua Negara

7-poin-yang-dibahas-obama-dan-jokowi-di-gedung-putih-SpE

Menyadari kepentingan strategis yang sama di bidang pengembangan energi yang bersih dan keamanan energi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berkomitmen memperdalam kerja sama dalam bidang energi antar kedua negara.

Berdasarkan pernyataan Presiden Obama dan Presiden Jokowi melalui keterangan tertulis Kedutaan Besar AS untuk Indonesia, Selasa (27/10/2015), kesepakatan kerja sama keduanya tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) terbaru mengenai kerja sama energi.

Adapun isinya, mendukung pembentukan Pusat Energi Bersih Indonesia (Indonesia’s Clean Energy Center of Excellence) di Bali dan memperdalam kerja sama dalam bidang-bidang seperti penyebaran sistem energi terbarukan di luar jangkauan (remote and off-grid renewable energy), mengkombinasikan penangkapan dan penyimpanan karbon, serta memperkuat keamanan energi nasional melalui perencanaan cadangan minyak bumi strategis.

Seperti diberitakan sebelumnya, keduanya juga melakukan kesepakatan untuk mempererat kerja sama bidang maritim bagi masing-masing negara, wilayah sekitar, dan dunia. Keduanya sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam bidang maritim, seperti yang tertuang dalam “Nota Kesepahaman Kerja Sama Maritim” (“Memorandum of Understanding on Maritime Cooperation”).

Adapun nota kesepahaman tersebut mencakup berbagai bidang, termasuk keamanan maritim, perekonomian maritim, sumber daya maritim dan konservasi dan perlindungan perikanan, keselamatan dan navigasi maritim, ilmu pengetahuan dan teknologi maritim, serta bidang-bidang kerja sama lainnya yang disetujui oleh kedua negara.

(Okezone)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply