Home / Breaking News / BKPM Belum Puas Dengan Kenaikan Peringkat Ease of Doing Business

BKPM Belum Puas Dengan Kenaikan Peringkat Ease of Doing Business

bkpm3

Peringkat Indonesia naik dalam survei Ease of Doing Business 2016 yang dirilis World Bank Group. Dari peringkat ke-120, kini Indonesia menempati peringkat ke-109.

Namun, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merasa belum puas dengan kenaikan peringkat tersebut. Di mata lembaga koordinasi itu, sebagai negara besar, Indonesia seharusnya bisa menempati posisi yang lebih baik.

“Tidak elok peringkat di atas 100. Kita lihat beberapa negara Afrika lebih bagus dari Indonesia (peringkat kemudahan berusahanya),” ujar Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Hutapea dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Dari hasil survei tersebut, negara-negara Afrika, seperti Rwanda, Afrika Selatan, Tunisia, Zambia, Namibia, dan Kenya, menempati peringkat yang lebih baik dari Indonesia.

Sementara di Asia Tenggara, Indonesia kalah dari Singapura yang menempati urutan pertama, Malaysia di urutan ke-18, Thailand ke-49, Brunei ke-84, Vietnam ke-90, dan Filipina ke-103.

Oleh karena itu, ucap Tamba, Indonesia mesti melihat lebih dalam apa yang sebenarnya menjadi masalah investasi. Setelah itu, masalah tersebut harus diperbaiki dengan cepat.

Meski begitu, Tamba mengatakan bahwa pemerintah dan BKPM sudah memulai perbaikan iklim investasi. Langkah konkret bisa terlihat dari banyaknya insentif dan kemudahan bagi investor untuk masuk dan menanamkan modal di Indonesia.

Salah satunya yakni perizinan investasi tiga jam yang baru-baru ini dikeluarkan. “Kita harus introspeksi, kok begini kondisi kita,” kata Tamba.

Dari survei yang dilakukan Bank Dunia, tercatat indikator menulis usaha di Indonesia menurun dari peringkat ke-155 menjadi peringkat ke-173. Namun, waktu total memulai usaha meningkat dari sebelumnya 52,5 hari menjadi 47,8 hari.

Selain itu, indeks hak hukum, indikator akses perkreditan, dan penegakan kontrak juga ikut naik.

(Kompas)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply