Home / Breaking News / Indonesia Minta Bantuan 15 Pesawat ke Tiga Negara Untuk Bencana Asap

Indonesia Minta Bantuan 15 Pesawat ke Tiga Negara Untuk Bencana Asap

7706-004-2014-tapalnas_001

Pemerintah berencana menambah 10-15 pesawat untuk melakukan pemadaman dengan metode water bombing di beberapa wilayah kebakaran hutan. Saat ini, pemerintah sedang melakukan upaya diplomasi kepada tiga negara untuk mendatangkan pesawat tersebut.

“Kemarin, Menko Polhukam berbicara kepada Presiden bahwa pemerintah saat ini berusaha menambah pesawat water bombing melalui penjajakan dengan Kanada, Rusia, dan Australia,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Kantor BNPB, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Sementara itu, menurut Sutopo, dalam waktu dekat, pemerintah akan mendatangkan lima pesawat jenis air tractor. Kelima pesawat itu akan digunakan untuk memadamkan api di Jawa dan Papua.

Saat ini, pesawat dan heli yang digunakan untuk pemadaman kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan berjumlah 31 unit. Selain pemerintah, pihak swasta yang merupakan perusahaan pemilik lahan juga berupaya memadamkan api dengan menyewa pesawat.

“Pemerintah meminta dunia usaha juga terlibat karena ini terjadi di lahan konsesinya,” kata Sutopo.

(Kompas)

About admin

Check Also

FIFA Temui PSSI dan Menpora

  Delegasi FIFA telah tiba di Jakarta, Minggu (1/11/2015). Rencananya, mereka bakal menemui Ketua Umum …

Leave a Reply